Kamis, 27 Juli 2017

MANAJEMEN PROSES DAN MANAJEMEN FILE PADA SO WINDOWS

MANAJEMEN PROSES PADA SISTEM OPERSI WINDOWS
Manajemen Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi. Program adalah kumpulan instruksi yang ditulis ke dalam bahasa yang dimengerti sistem operasi.
Sebuah proses juga melibatkan stack yang berisi data sementara (parameter fungsi/ metode, return address, dan variabel lokal) dan data section yang menyimpan variabel-variabel global. Sebagaimana proses bekerja, maka proses tersebut merubah state (keadaan statis/ asal). Windows adalah salah satu sistem operasi yang mempunyai banyak keunggulan dalam menjalankan suatu eksekusinya. Di dalam sistem operasi ini, terdapat proses-proses yang sangat valid dan selalu berhubungan satu sama lain. Di dalam windows, prosesnya mempunyai beberapa elemen dasar untuk menjalankan proses tersebut, yaitu:
·         Identifier, terdiri dari:
1.       Identifier proses,
2.        identifier proses yang menciptakan,
3.       Identifier pemakai.
·         State:
Mendefinisikan status proses (running, ready, block, dsb).
·         Priority:
Menjelaskan prioritas proses.
·         Program counter
·         Memory pointers
·         Context data
·         I/O status information
Untuk menjadwalkan informasi yang sudah masuk.
·         Accounting information
Sistem operasi windows memperbolehkan proses berjalan menghasilkan proses lagi. Aksi ini disebut Proses swapning dengan macam:
1.       Proses induk (parent)  adalah  proses yang bisa membuat proses baru,
2.       Proses anak (child) merupakan proses baru.
 Diagram State Proses
Diagram state dasar (3 keadaan) memiliki 3 elemen:
 1) Running
 2) Ready
 3) Blocked



KETERANGAN GAMBAR:
  Proses baru diciptakan berada pada state ready
  Proses dari running  menjadi blocked karena sumberdaya yang diminta belum tersedia atau meminta layanan perangkat masukan/ keluaran (I/O) sehingga menunggu kejadian yang muncul. Proses ini dikenal dengan event wait.
  Proses dari running jadi ready karena penjadwal memutuskan eksekusi proses lain oleh karena jatah waktu telah habis (timeout).
  Proses dari blocked jadi ready karena sumber daya yang diminta tersedia atau layanan I/O selesai/ terpenuhi. Proses ini dikenal event occur
  Proses dari ready jadi running karena penjadwal memutuskan untuk mengeksekusi proses tersebut.

Diagram state lanjut (5 keadaan) memiliki 5 elemen:
 1) Running
 2) Ready
 3) Blocked
 4) Suspendedready
 5) Suspendedblocked

KETERANGAN GAMBAR:
  Dua state baru dimasukkan sehingga membentuk diagram 5 state, yaitu
            1. Suspendedready
            2. Suspendedblocked
  Pnundaan dapat diinisialisasi oleh proses itu seendiri atau proses lain.
  Pada sistem monoprocessor, proses running dapat men‑suspenddirinya sendiri karenatak ada proses lain yang juga running yang dapat memerintahkan suspend.
  Pada sistem multiprocessor, proses running dapat di‑suspend proses running lain pada pemroses berbeda.Proses ready hanya dapat di‑suspend oleh proses lain.
  Pada proses blocked terdapat transisi menjadi suspendedblocked.



Manajemen File Windows
File system atau manajemen file adalah metode dan struktur data yang di gunakan oleh system operasi untuk mengatur dan mengorganisir disk atau file dalam suatu partisi. Manajemen file penting sebab bisa mengurangi resiko kehilangan file karena terhapus secara tak sengaja, tertimpa file baru, tersimpan di lokasi yang tidak di ketahui serta hal-hal lain yang tidak diinginkan.
Folder ialah tempat disimpannya satu atau lebih file komputer. Dalam bahasa Indonesia, folder artinya Map, file sebagai berkas yang ada dalam map tersebut.
File ialah elemen data pada penyimpanan system file. Dalam konteks system komputer, file merupakan sebuah arsip / catatan / berkas yang disimpan dalam format digital. Karakteristik file antara lain :
·         Disimpan dalam bentuk besaran bytes (besaran pada penyimpanan data digital)
·         Memiliki kapasitas terbatas
·         Disimpan dalam sistem penyimpanan yang tidak mudah hilang (permanen), tidak ikut hilang saat komputer dimatikan.
·         Tersimpan dalam sebuah direktori(ruang/space pada system penyimpanan computer)
Pengelola File pada Sistem Operasi Windows (Windows Explorer)
Setiap system operasi umumnya dilengkapi dengan pengolahan file .Di linux tersedia File Manager dan di Windows tersedia Windows Explorer.Windows juga menyediakan folder My Documents sebagai tempat baku penyimpanan file dokumen.
Tipe File
Terdapat tiga tipe di system operasi yaitu:
·         File Reguler
File berisi informasi, terdiri dari file ASCII dan biner.File ASCII berisi teks.File biner adalah file yang bukan file ASCII. Untuk biner  yang hanya diketahui program aplikasi,struktur internalnya hanya diketahui program aplikasi yang menggunakan file tersebut.

  • File Direktori
File direktori merupakan file yang dimiliki system untuk mengelola struktur system file.File direktori merupakan file  berisi informasi-informasi mengenai file-file yang termasuk dalam direktori itu.

  • File Spesial
File special merupakan nama logic perangkat masuk/keluaran.Perangkat masuk/keluaran dapat dipandang sebagai file.Pemakaian dihindarkan dari kerumitan operasi perangkat masukan/keluaran

Keuntungan Manajemen File
            Bila file-file dimanajemen dengan baik,maka akan didapatkan keuntungan antara terhindar dari kehilanan file-file penting akibat:
  • File terhapus secara tidak sengaja
  • File tertimpa file lain
  • Lokasi penyimpanan file(folder)tidak diketahui lagi
       Namun jika kehilangan file itu terjadi,maka harus bisa dilakuakn upaya pemulihan (recovery)dari file yang bersangkutan.Contoh cara sederhana tapi ampuh untuk mendapatkan kembali file dokumen kita yang hilang adalah dengan menciptakan cadangan file secara otomatis atau mancari di rexycle bin yang ada di dalam computer.

1 komentar: